Minggu, 19 Oktober 2014

QUIZ III DECISION SUPPORT SYSTEM



Quiz III Decision Support System

Nama : Sigit Ergiyanto
NIM     : 1112093000100
Prodi : Sistem Informasi

1.Menurut Sudirman dan Wijayanti (1996), ada 4 ciri-ciri SPK : 
1. SPK ditujukan untuk membantu keputusan-keputusan yang kurang terstruktur dan umumnya dihadapi oleh para manajer yang berada di tingkat puncak. 
2. SPK merupakan gabungan antara  kumpulan model kuantitatif dan kumpulan data. 
3.  SPK memiliki fasilitas interaktif yang dapat mempermudah hubungan antara manusia dan komputer 
4. SPK bersifat luwes dan dapat menyesuaikan dgn perubahan-perubahan yang terjadi.


2.Karakteristik SPK ; 
1. Kapabilitas interaktif; SPK memberi pengambil keputusan akses cepat kedata dan informasi yang dibutuhkan. 
2. Fleksibelitas; SPK dapat menunjang  para manajer pembuat keputusan diberbagai bidang fungsional (keuangan,pemasaran, operasi produksi, dll). 
3. Kemampuan mengintegrasikan model, SPK memungkinkan para pembuat keputusan berinteraksi dengan model- model, termasuk memanipulasi model- model tersebut sesuai dgn kebutuhan.  
4. Fleksibel output; SPK mendukung para pembuat keputusan dengan menyediakan berbagai macam output termasuk kemampuan grafik menyeluruh atas pertanyaan-pertanyaan pengandaian.


3. Salah satu fase pengambilan keputusan menurut Simons adalah Design , 
Jelaskan.Design,  tahap analisa dalam mencari alternatif-alternatif pemecahan masalah, menemukan/menciptakan, mengembangkan dan menganalisa berbagai alternatifyang mungkin untuk dilakukan

4.       Salah satu fase pengambilan keputusan menurut Simons adalah Choice, 
Jelaskan Choice, memilih sejumlah aksi atau alternatif solusi yang diperkirakan palingtepat/sesuai dari beberapa kemungkinan yang tersedia


5. Salah satu fase pengambilan keputusan menurut Simons adalah Implementasi, 
Jelaskan.Implementasi, tahap pelaksanaan dari keputusan yang telah diambil, menyusun serangkaian tindakan yang terencana.


6. Karakteristik dan Kapabilitas  SPK menurut Turban dkk (2001);  
1.  Masalah semi terstruktur dan tidak terstruktur. 
2.  Mendukung Manajer di semua level 
3.  Mendukung individu dan kelompok 
4.  Keputusan yang saling tergantung atau sekuensial 
5.  Mendukung tahapan pengambilan keputusan 
6.  Mendukung berbagai proses dan gaya keputusan 
7.  Dapat diadaptasi dan fleksibel 
8.  Kemudahan penggunaan interaktif 
9.  Keefektifan bukan efisiensi 
10. Manusia mengontrol mesin 
11. Kemudahan pengembangan oleh pengguna akhir 
12. Pemodelan dan analisis 
13. Akses data 
14. Standalone, integrasi, dan berbasis web


7. Keuntungan SPK antara lain ; 
1.  Mampu mendukung pencarian solusi dari masalah yang kompleks. 
2.  Respon cepat pada situasi yang tidak diharapkan dalam kondisi yang berubah-ubah. 
3.  Mampu untuk menerapkan pelbagai strategi yang berbeda pada konfigurasi berbeda secara cepat dan tepat. 
4.  Pandangan dan pembelajaran baru 
5.  Memfasilitasi komunikasi 
6.  Meningkatkan kontrol manajemen dan kinerja. 
7.  Menghemat biaya 
8.  Keputusannya lebih cepat 
9.  Meningkatkan efektivitas manajerial, menjadikan manajer dpt bekerja lebih singkat dan dengan sedikit usaha. 
10.  Meningkatkan produktivitas analisis. 


8.Keterbatasan SPK antara lain ; 
1.  Ada beberapa kemampuan manajemen dan bakat manusia yg tidak dapat di-modelkan, shg model yang ada dalam sistem tidak semuanya mencerminkan persoalan sebenarnya. 
2.  Kemampuan suatu SPK terbatas pada pembendaharaan pengetahuan yang dimilikinya. 
3.  Proses-proses yang dapat dilakukan SPK biasanya tergantung pd kemam-puan perangkat lunak yg digunakannya 
4.  SPK tidak memiliki kemampuan intuisi seperti yg dimiliki oleh manusia.

9. Mengapa menggunakan SPK ; 
Karena Survei mengidentifikasi banyak alasan mengapa perusahaan-perusahaan besar mengembangkan SPK berskala besar.  
Alasan tersebut adalah : 
(1). Perusahaan bekerja dalam ekonomi yang tidak stabil dan berubah dengan cepat. 
(2). Adanya kesulitan untuk melacak berbagai operasi bisnis. 
(3). Meningkatnya persaingan. 
(4). Perdagangan elektronik (e-commerce). 
(5). Sistem yang sudah ada tidak mendukung pengambilan keputusan. 
(6). Departemen Sistem Informasi (SI) terlalu sibuk dan tidak bisa mengatasi semua inkuiri manajemen. 
(7). Diperlukannya analisis terhadap propitabilitas dan efisiensi. 
(8). Diperlukannya informasi yang akurat. 
(9). SPK dinilai sebagai organizational winner. 
(10). Diperlukannya informasi baru. 
(11). Manajemen mengharuskan suatu SPK. 
(12). Kualitas keputusan yang lebih tinggi. 
(13). Peningkatan komunikasi. 
(14). Peningkatan kepuasan pelanggan dan karyawan. 
(15). Adanya informasi yang umurnya dibatasi waktu. 
(16).  Berkurangnya biaya (biaya dan penghematan waktu, produktivitas meningkat).



10.Jelaskan Alasan mengapa sistem pendukung keputusan terkomputerisasi diperlukan·         
Kecepatan komputasi·         
Peningkatan/ perbaikan komunikasi·         
Peningkatan produktivitas·         
Dukungan teknis·         
Akses data warehouse·         
Dukungan kualitas·        
Berdaya saing·         
Mengatasi keterbatasan kognitif dalam pemrosesan dan penyimpanan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar